Kamis, 30 Juni 2016

RPP K13 KELAS 4 TEMA 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
Dosen Pengampu : Arfilia Wijayanti, S.Pd.,M.Pd.

Disusun oleh :
Rizki Azizah                           (14120499)
4J





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SD N 1 Sedap Malam
Kelas / semester         :  IV / 2
 Tema 6                       :  Indahnya Negeriku
 Sub tema 2                 :  Keindahan Alam Negeriku
 Petemuan ke             :  2
 Alokasi waktu           :  1 Hari


  1. KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.     Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
            IPS
3.3.Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
4.3.Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di tempat
tinggalnya.
BAHASA INDONESIA
3.4.Menggali infomasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.4.Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosa kata baku

MATEMATIKA
3.7.Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan desimal
4.1.Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

C.    INDIKATOR
IPS
1.  Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam hayati - nonhayati  dan pemanfaatannya melalui kegiatan  membaca, observasi dan mengumpulkan data
2.    Mengidentifikasi jenis   mata pencarian masyarakat sekitar dan hubungannya dengan SDA melalui kegiatan membaca, observasi dan mengumpulkan data.

BAHASA INDONESIA
1.      Menemukan informasi tentang  jenis-jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya   melalui kegiatan membaca teks.
2.      Mengkategorikan kosakata baku dan tidak baku
3.    Menuliskan cerita tentang  pengalamannya menjaga lingkungan dan sumber daya alam didalamnya menggunakan kosa kata baku
     
      MATEMATIKA
1.      Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan decimal
2.     Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep  desimal dan persen melalui kegiatan eksplorasi dan latihan

D.    MATERI
  BAHASA INDONESIA
1.    Identifikasi tempat-tempat wisata.
2.    Cerita tentang tempat wisata.
3.    Arti kata sulit

 IPS
1.      Keindahan alam, sumber daya alam yang terkandung di dalamnya
2.      Hubungan keindahan alam dan sumber daya alam dengan  kehidupan masyarakat setempat.
MATEMATIKA
1.      Pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep desimal dan persen melalui kegiatan eksplorasi dan latihan
2.      Operasi penjumlahan dan pengurangan desimal.

E.     ASPEK KARAKTER YANG DITANAMKAN
1.      Kepedulian
2.      Kedisiplinan

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Tematik- Integratif (Scientific& Authentic Assessment)
Model                   : Discovery Learning
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Dan Diskusi

  1. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Tahap
Scientific
Approach
Karakter
Yang
Dikembangkan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan


















1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan  komunikasi  tentang  kehadiran siswa
3.      Apersepsi :
·      Guru menunjukkan gambar sumber daya alam di sekitar lingkungan siswa.
·      Guru bertanya apa saja yang siswa pikirkan mengenai gambar sumber daya alam tersebut.
·      Siswa mengemukakan apa yang ada dipikirannya mengenai gambar sumber daya alam  tersebut. 
·      Guru mengarahkan siswa untuk peduli terhadap lingkungan dan disiplin dalam berperilaku menjaga lingkungan, misalnya tidak merusak hutan.
4. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran hari ini.

Mengamati



 Menyanya



Menalar




Mengkomunikasikan



Menalar





Mengkomunikasikan
Disiplin
(sikap dalam berdoa)

Disiplin (masuk tepat waktu)


Peduli

10 menit
Inti

1.      Guru menyediakan gambar sumber  daya  alam hayati dan nonhayati  yang  ada di wilayah  tempat  tinggal  mereka, membedakan SDA hayati dan nonhayati, menuliskan  manfaatnya, serta menuliskan  jenis-jenis  pekerjaan  yang  muncul dengan adanya  sumber daya alam  tersebut dalam  tabel  di LKS
2.      Guru menyediakan teks bacaan raja ampat kemudian siswa mencari kalimat baku dan tidak baku yang belum di pahami oleh siswa lalu di tukarkan dengan teman lain mejanya.
3.   Siswa memecahkan masalah  tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal.


Mencoba
Menalar







 Mengkomunikasikan





Mencoba




Disiplin
Peduli







 Disiplin
Peduli




 Disiplin

Penutup
1.      Siswa membuat kesimpulan / rangkuman mengenai sumber daya alam hayati dan non hayati yang terdapat didalam bacaan.
2.      Melakukan  penilaian hasil  belajar
3.      Berdoa




15 menit

H.    SUMBER DAN MEDIA
1.      Foto-foto sumber daya alam di Indonesia
2.      Kamus Bahasa Indonesia
3.      Gambar Perilaku Anak Yang Tidak Disiplin Dan Merusak Lingkungan.
4.      Buku siswa Tema 6 Kelas IV

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
  1. Instrumen Penilaian (terlampir)
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Sikap
2)   Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Esai atau uraian






Semarang,... Juni 2016

Mengetahui                                                                           
KepalaSekolah,                                                                     Guru Kelas 4
                                                                       

Arfilia Wijayanti, S.Pd,.M.Pd                                              Rizki Azizah

NIP .............................................                                           NIP  ........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar