RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
Dosen
Pengampu : Arfilia Wijayanti, S.Pd.,M.Pd.

Disusun
oleh :
Rizki
Azizah (14120499)
4J
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2016
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
N 1 Sedap Malam
Kelas / semester : IV / 2
Tema 6 : Indahnya Negeriku
Sub tema 2 : Keindahan Alam Negeriku
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu :
1 Hari
- KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPS
3.3.Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
4.3.Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di tempat
tinggalnya.
BAHASA INDONESIA
3.4.Menggali infomasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.4.Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosa kata baku
MATEMATIKA
3.7.Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan desimal
4.1.Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
C.
INDIKATOR
IPS
1. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber
daya alam hayati - nonhayati dan
pemanfaatannya melalui kegiatan membaca,
observasi dan mengumpulkan data
2. Mengidentifikasi jenis mata pencarian masyarakat sekitar dan
hubungannya dengan SDA melalui kegiatan membaca, observasi dan mengumpulkan
data.
BAHASA
INDONESIA
1. Menemukan informasi tentang jenis-jenis sumber daya alam dan
pemanfaatannya melalui kegiatan membaca
teks.
2. Mengkategorikan kosakata baku dan
tidak baku
3. Menuliskan cerita tentang pengalamannya menjaga lingkungan dan sumber
daya alam didalamnya menggunakan kosa kata baku
MATEMATIKA
1. Menyelesaikan
operasi penjumlahan dan pengurangan decimal
2. Memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep desimal dan persen melalui kegiatan
eksplorasi dan latihan
D.
MATERI
BAHASA INDONESIA
1. Identifikasi tempat-tempat wisata.
2. Cerita tentang tempat wisata.
3.
Arti
kata sulit
IPS
1.
Keindahan alam, sumber daya alam
yang terkandung di dalamnya
2.
Hubungan keindahan alam dan sumber
daya alam dengan kehidupan masyarakat
setempat.
MATEMATIKA
1.
Pemecahan
masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep desimal dan
persen melalui kegiatan eksplorasi dan latihan
2. Operasi
penjumlahan dan pengurangan desimal.
E.
ASPEK KARAKTER YANG DITANAMKAN
1.
Kepedulian
2.
Kedisiplinan
F.
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Tematik- Integratif (Scientific& Authentic
Assessment)
Model :
Discovery Learning
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Dan Diskusi
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Tahap
Scientific
Approach
|
Karakter
Yang
Dikembangkan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Apersepsi :
· Guru menunjukkan gambar sumber daya alam di sekitar lingkungan siswa.
· Guru bertanya apa saja yang
siswa pikirkan mengenai gambar
sumber daya alam tersebut.
· Siswa mengemukakan apa yang ada dipikirannya mengenai gambar sumber daya alam tersebut.
· Guru mengarahkan siswa untuk
peduli terhadap lingkungan dan disiplin dalam berperilaku menjaga lingkungan,
misalnya tidak merusak hutan.
4. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran hari ini.
|
Mengamati
Menyanya
Menalar
Mengkomunikasikan
Menalar
Mengkomunikasikan
|
Disiplin
(sikap dalam berdoa)
Disiplin (masuk tepat waktu)
Peduli
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru menyediakan gambar sumber
daya alam hayati dan nonhayati
yang ada di wilayah tempat
tinggal mereka, membedakan SDA hayati dan
nonhayati, menuliskan manfaatnya, serta menuliskan jenis-jenis
pekerjaan yang muncul dengan adanya sumber daya alam tersebut
dalam tabel di LKS
2.
Guru menyediakan teks bacaan raja ampat
kemudian siswa mencari kalimat baku dan tidak baku yang belum di pahami oleh
siswa lalu di tukarkan dengan teman lain mejanya.
3. Siswa
memecahkan masalah tentang penjumlahan dan pengurangan
pecahan desimal.
|
Mencoba
Menalar
Mengkomunikasikan
Mencoba
|
Disiplin
Peduli
Disiplin
Peduli
Disiplin
|
|
Penutup
|
1.
Siswa membuat kesimpulan /
rangkuman mengenai sumber daya alam hayati dan non hayati yang terdapat
didalam bacaan.
2.
Melakukan penilaian
hasil belajar
3.
Berdoa
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Foto-foto sumber daya alam di
Indonesia
2.
Kamus Bahasa Indonesia
3. Gambar
Perilaku Anak Yang Tidak Disiplin Dan Merusak Lingkungan.
4.
Buku siswa Tema 6 Kelas IV
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian (terlampir)
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Sikap
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Esai atau uraian
Semarang,... Juni 2016
Mengetahui
KepalaSekolah, Guru Kelas 4
Arfilia Wijayanti, S.Pd,.M.Pd Rizki
Azizah
NIP ............................................. NIP ........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar