BAHAN
AJAR
1.
GAMBAR
SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA
Bapak/
Ibu guru, di bawah ini merupakan contoh gambar keindahan alam Indonesia. Bapak/
Ibu guru bisa mengambil contoh gambar lain yang sesuai dengan tema pembelajaran
pada saat ini!


Sumber : http://nationalgeographic.co.id Sumber : http://nasional.news.viva.co.id


Sumber
: http://brainly.co.id Sumber : http://cfors.wordpress.com
2.
TEKS BACAAN
Bapak/ Ibu guru, di bawah
ini merupakan contoh bacaan mengenai keindahan alam
Indonesia, Bapak/ Ibu guru
bisa mengambil bacaan dari sumber lain yang sesuai dengan tema pembelajaran
pada saat ini

Raja
Ampat
Wisata
Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah Papua. Wisata
ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat
mempesona. Salah satu bentuk kepopuleran objek wisata Raja Ampat adalah dengan
adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang
berjudul ” Edis Paradise 3 “, dimana dalam film tersebut menceritakan keindahan
alam bawah laut Raja Ampat yang berada di kawasan Papua, yang mana wisata ini
juga dijuluki sebagi kawasan Amazon Lautan Dunia. Julukan tersebut diberikan
karena letak dari tempat wisata ini yang berada dipusat segitiga karang dunia.
Wisata Kepulauan Raja Ampat berada dikawasan teritorial Papua Barat, yang
merupakan sebuah gugusan pulau yang tersebar dengan jumlahnya berkisar 610
pulau, akan tetapi hanya ada 35 pulau yang dihuni oleh penduduk. Daerah Raja
Ampat merupakan daerah kepulauan, dengan satu – satunya sarana transportasi
yang bisa digunakan oleh masyarakan sekitar adalah transportasi angkutan laut.
Transportasi ini digunakan baik untuk menjangkau ibu kota kabupatennya (Waisai)
ataupun sebaliknya. Dengan empat pulau utama yang berada dikawasan ini
menjadikan keunikan tersendiri bagi Anda yang melancong ke destinasi wisata
Raja Ampat. Empat pulau yang dimaksudkan adalah Batanta, Misool, Salawati dan
Waigeo. Sebutan atau nama dari Raja Ampat sendiri diambil dari mitos penduduk
sekitar yang apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia mempunyai makna Empat
Raja.
PERILAKU ANAK YANG TIDAK DISIPLIN
DAN MERUSAK LINGKUNGAN
Dibawah ini merupakan contoh gambar perilaku anak yang
tidak disiplin dan merusak lingkungan. Gambar ini digunakan untuk memberi
contoh nyata kepada siswa. Bapak/Ibu guru dapat memberi contoh gambar lain yang
sesuai!


3.
CONTOH
SDA HAYATI DAN NON HAYATI
Berikut ini merupakan contoh gambar SDA hayati dan non
hayati. Bapak/ Ibu guru bisa mengambil contoh gambar lain yang terdapat di
lingkungan sekolah!
a. SDA
Hayati


JAMBU BIJI IKAN
b. SDA
Non Hayati


TERUMBU KARANG PASIR
Sumber: 2.bp.blogspot.com
4.
CONTOH
PEMECAHAN MASALAH DALAM MATEMATIKA
Siswa berlatih memecahkan masalah tentang jumlah
nominal kekayaan alam yang
terdapat di Kepulauan Raja Ampat.
Siswa membulatkan bilangan desimal, kemudian
mengubah persentase menjadi
bilangan bulat.
Contoh:
- Dari seluruh pulau dengan luas wilayah sekitar
46.000 km2, 12,9% berupa
daratan dan dan sisanya lautan
a. Berapakah
luas daratan?
b. Berapakah
luas lautan?
- Siswa juga mengerjakan latihan penjumlahan dan
pengurangan desimal.
Jawab:
Luas daratan 12,9% maka bulatkan menjadi 13%
a. Luas
daratan yaitu: 13/100 x 46.000 = 5.980km2
b. Luas
lautan 46.000 – 5.980 = 40.020km2
LKS
PEMBELAJARAN 2
SUB
TEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU
NAMA :
NO :
A.
INDIKATOR
1.
Mengamati sumber daya alam yang ada
di Indonesia
2.
Mampu menentukan teks baku dan tidak
baku dari teks bacaan yang disediakan
3. Mampu
memecahkan masalah tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal.
1. Langkah-langkah


Sumber : http://nationalgeographic.co.id Sumber : http://nasional.news.viva.co.id


Sumber
: http://brainly.co.id Sumber : http://cfors.wordpress.com
1. Dari foto yang telah kalian amati, coba tuliskan
10 pertanyaan yang ingin kamu ketahui
tentang foto-foto diatas, misalnya tentang jenis, apakah foto tersebut masuk kedalam
SDA hayati atau nonhayati, fungsi, manfaat dll !
a. …………………………………………………………………………………………
b. …………………………………………………………………………………………
c. …………………………………………………………………………………………
d. …………………………………………………………………………………………
e. …………………………………………………………………………………………
f. …………………………………………………………………………………………
g. …………………………………………………………………………………………
h. …………………………………………………………………………………………
i.
…………………………………………………………………………………………
j.
…………………………………………………………………………………………
2.
Kemudian
tukarkan pertanyaan yang telah kamu buat dengan
seorang teman sebangkumu. Coba
anak-anak pikirkan jawaban pertanyaan temanmu di bawah ini!
a.
…………………………………………………………………………………………
b.
………………………………………………………………………………….............
c.
…………………………………………………………………………………………
d.
…………………………………………………………………………………………
e.
…………………………………………………………………………………………
f.
…………………………………………………………………………………………
g.
…………………………………………………………………………………………
h.
…………………………………………………………………………………………
i.
…………………………………………………………………………………………
3. Bacalah
teks di bawah ini !
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.


Raja
Ampat
Wisata
Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah Papua. Wisata
ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat
mempesona. Salah satu bentuk kepopuleran objek wisata Raja Ampat adalah dengan
adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang
berjudul ” Edis Paradise 3 “, dimana dalam film tersebut menceritakan keindahan
alam bawah laut Raja Ampat yang berada di kawasan Papua, yang mana wisata ini
juga dijuluki sebagi kawasan Amazon Lautan Dunia. Julukan tersebut diberikan
karena letak dari tempat wisata ini yang berada dipusat segitiga karang dunia.
Wisata Kepulauan Raja Ampat berada dikawasan teritorial Papua Barat, yang
merupakan sebuah gugusan pulau yang tersebar dengan jumlahnya berkisar 610
pulau, akan tetapi hanya ada 35 pulau yang dihuni oleh penduduk. Daerah Raja
Ampat merupakan daerah kepulauan, dengan satu – satunya sarana transportasi
yang bisa digunakan oleh masyarakan sekitar adalah transportasi angkutan laut.
Transportasi ini digunakan baik untuk menjangkau ibu kota kabupatennya ( Waisai
) ataupun sebaliknya. Dengan empat pulau utama yang berada dikawasan ini
menjadikan keunikan tersendiri bagi Anda yang melancong ke destinasi wisata
Raja Ampat. Empat pulau yang dimaksudkan adalah Batanta, Misool, Salawati dan
Waigeo. Sebutan atau nama dari Raja Ampat sendiri diambil dari mitos penduduk
sekitar yang apabila diartikan kedalam bahasa indonesia mempunyai makna Empat
Raja.
5.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan diatas
a.
Dimanakah lokasi tempat yang tampak indah tersebut ?
b.
Mengapa di namakan Raja Ampat?
c.
Sebutkan kata yang belum kalian ketahui !
6. Sekarang perhatikan tempat tinggalmu. Sebutkan
sumber daya alam di wilayah tempat
tinggalmu yang dapat di perbaharui dan tak dapat
diperbaharui. Ceritakan berbagai hal
tentang tempat tersebut. Saat menulis, perhatikan hal-hal tersebut di bawah
ini untuk dicantumkan di dalam tulisanmu:
-
Sebutkan jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu.
- Bandingkan
antara sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tak dapat diperbaharui.
- Sikap/perilaku yang harus dilakukan baik
oleh warga sekitar maupun oleh para pengunjung
untuk menjaga sumber daya
alam tersebut.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7. .Perhatikan gambar berikut


a.
Buatlah kelompok di kelas yang terdiri
dari 4-5 orang !
b.
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut
dengan teman kelompokmu !
·
Alam ini diciptakan oleh Tuhan untuk memenuhi kelangsungan hidup
manusia. Segala sumber daya yang ada di alam dapat dimanfaatkan manusia untuk
memenuhi kebutuhannya. Lalu, bagaimana cara kita untuk mensyukuri karunia Tuhan
ini ?
·
Siapakah yang berkewajiban untuk menjaga
dan melindungi kelestarian alam?
·
Apa yang terjadi jika perusakan terhadap
alam dan sumberdayanya tetapi dibiarkan berlangsung terus-menerus ?
·
Sebagai pelajar, sikap nyata apa yang
dapat kamu lakukan dalam upaya menjaga kelestarian alam ?
c.
Tulis hasil diskusi kelompokmu dan bacakan di kelas. Mintalah saran dan pendapat
dari kelompok lain mengenai hasil diskusi kelompomu itu !
8. Refleksi
Lakukan
tugas berikut ini secara kelompok !
Setiap
kelompok terdiri dari 2-3 orang.
Buatlah
sebuah poster yang berisi ajakan untuk melestarikan alam!
Sertakanlah
dengan gambar yang sesuai agar postermu
menjadi lebih menarik.
Kamu
juga dapat mewarnai poster sesuai keinginan.
Kumpulkanlah poster buatan kelompokmu pada pertemuan
berikutnya !
![]() |
9. kerjakan soal cerita dibawah ini!
Dari sekitar 800 jenis terumbu karang keras yang ada di
dunia, 75,2% nya
dimiliki oleh perairan Raja Ampat. Terdapat pula 695
jenis hewan lunak yang
terdiri atas
74,7% jenis siput, 24,3% jenis
kerang, dan sisanya jenis cumi-
cumi.
a. Berapa
persen sisa jenis terumbu karang yang terdapat di wilayah lain?
Jawab:
b. Berapa
persen jenis cumi-cumi?
Jawab:
INSTRUMEN
PENILAIAN PEMBELAJARAN 2
A.
PENILAIAN
NON TES
1. Penilaian
Sikap
Nama Siswa :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Tahap
Scientific
Approach
|
Karakter
Yang
Dikembangkan
|
Skor
|
|||
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Apersepsi
:
·
Guru menunjukkan gambar sumber daya alam di sekitar lingkungan siswa.
·
Guru bertanya apa saja yang siswa pikirkan
mengenai gambar sumber daya alam tersebut.
·
Siswa mengemukakan apayang ada dipikirannya
mengenai gambar sumber daya alam tersebut.
·
Guru mengarahkan siswa untuk peduli terhadap
lingkungan dan disiplin dalam berperilaku menjaga lingkungan, misalnya tidak merusak hutan.
4.
Guru
menyebutkan tujuan pembelajaran hari
ini.
|
Mengamati
Menyanya
Menalar
Mengkomunikasikan
|
Disiplin
(sikapdalamberdoa)
Disiplin (masuk tepat waktu)
Peduli
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Tahap
Scientific
Approach
|
Karakter
Yang
Dikembangkan
|
Skor
|
|||
Inti
Penutup
|
1.
Guru menyediakan gambar sumber
daya alam hayati dan nonhayati
yang ada di wilayah tempat
tinggal mereka, menuliskan manfaatnya,
serta menuliskan
jenis-jenis pekerjaan yang
muncul dengan adanya sumber daya alam tersebut
dalam tabel di LKS
2.
Guru menyediakan teks bacaan Raja Ampat kemudian siswa mencari kalimat baku yang belum di pahami oleh siswa
lalu di tukarkan dengan teman lain mejanya.
3.
Siswa
memecahkan masalah tentang penjumlahan dan pengurangan
pecahan desimal
1.
Siswa membuat kesimpulan / rangkuman mengenai sumber daya alam hayati dan non
hayati, cara melestarikan lingkungan serta pemecahan masalah dalam
penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dengan sikap peduli dan disiplin.
2.
Melakukan penilaian hasil belajar
3.
Berdoa
|
Mencoba
Menalar
Mencoba
|
Disiplin
Peduli
disiplin
Peduli
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik Skor
maksimal=16
Skor perolehan

Skor Maksimal
2. Penilaian
Produk : Karangan
Nama Siswa :
…………………………..
No
|
Kriteria
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mencantumkan sumber daya alam
|
|
|
|
2.
|
Mencantumkan nama
sumber daya
alam
|
|
|
|
3.
|
Membedakan SDA hayati dan non hayati
|
|
|
|
4.
|
Mencantumkan jenis hewan dan
tumbuhan yang ada di lokasi tersebut.
|
|
|
|
5.
|
Mencantumkan akibat positif yang dirasakan masyarakat
sekitar dengan
adanya SDA
tersebut.
|
|
|
|
6.
|
Mencantumkan sikap peduli dan disiplin yang
|
|
|
|
7.
|
Tulisan terbaca dan
rapi
|
|
|
|
8.
|
Huruf besar
dan tanda baca
tepat
|
|
|
|
9.
|
Menggunakan kosa kata
baku
|
|
|
|
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
Skor maksimal=9
Skor perolehan

Skor Maksimal
B.
PENILAIAN
TES
SOAL
1. Sebutkan
3 tempat wisata di daerah Yogyakarta!
2. Sebutkan
3 SDA hayati dan non hayati di daerah Kulon Progo!
3. Bagaimana
sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian dan
keindahan tempat wisata? Berikan 3 contohnya!
4. Mengapa
masyarakat harus memiliki sikap disiplin dan peduli ketika berkunjung ke tempat
wisata?
5. Sebutkan
3 pekerjaan di daerah pantai!
KUNCI
JAWABAN
1. Nama
tempat wisata di daerah Yogyakarta : Pantai Glagah, Pantai Parangtritis, Puncak
Suroloyo, dll.
2. Pasir
laut, hutan pinus dan ikan.
3. Sikap
yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian dan keindahan
tempat wisata, contohnya sikap peduli lingkungan, seperti buang sampah ke
tempat sampah, tidak merusak tumbuhan, sikap disiplin menaati tata tertib di
tempat wisata.
4. Masyarakat
harus memiliki sikap-sikap tersebut supaya kelestarian alam juga terjaga
sehingga mata pencarian masyarakat juga tidak terganggu.
5. Pekerjaan
di daerah pantai adalah nelayan, pemandu wisata dan pedagang
RUBRIK
PENILAIAN
NO
|
NILAI
|
KRITERIA
|
1.
|
3
2
1
0
|
Siswa menyebutkan 3 tempat wisata di
Yogyakarta dengan benar
Siswa menyebutkan 2 tempat wisata di
Yogyakarta dengan benar
Siswa menyebutkan 1 tempat wisata di
Yogyakarta dengan benar
Siswa tidak menyebutkan tempat wisata di Yogyakarta dengan benar
|
2.
|
3
2
1
0
|
Siswa menyebutkan 3 SDA dengan benar
Siswa menyebutkan 2 SDA dengan benar
Siswa menyebutkan 1 SDA dengan benar
Siswa tidak menyebutkan SDA dengan benar
|
3.
|
3
2
1
0
|
Siswa memberikan 3 contoh sikap
menjaga kelestarian lingkungan
Siswa memberikan 2 contoh sikap
menjaga kelestarian lingkungan
Siswa memberikan 1 contoh sikap
menjaga kelestarian lingkungan
Siswa tidak memberikan sikap menjaga
kelestarian lingkungan
|
4.
|
3
2
1
0
|
Siswa memberikan alasan harus memiliki
sikap alasan dengan tepat
Siswa memberikan alasan harus memiliki
sikap alasan kurang tepat
Siswa memberikan alasan harus memiliki
sikap alasan tidak tepat
Siswa tidak memberikan alasan harus
memiliki sikap alasan
|
5.
|
3
2
1
0
|
Siswa menyebutkan 3 pekerjaan di
daerah pantai dengan benar
Siswa menyebutkan 2 pekerjaan di
daerah pantai dengan benar
Siswa menyebutkan 1 pekerjaan di
daerah pantai dengan benar
Siswa tidak menyebutkan pekerjaan di
daerah pantai dengan benar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar